facebook

Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 06 Oktober 2012

14 Prinsip Manajemen Henry Fayol


Henri Fayol (lahir di Istanbul, 1841, meninggal di Paris, 1925) adalah seorang teoris manajemen atau administrasi asal Perancis. Fayol adalah salah satu kontributor paling berpengaruh dalam konsep manajemen atau ilmu administrasimodern. Peninggalan Fayol yang paling terkenal adalah tentang lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol (Fayol, 1949, 1987). Menurut Fayol, praktik manajemen dapat dikelompokkan ke dalam beberapa pola yang dapat diidentifikasi dan dianalisis. Dan selanjutnya analisis tersebut dapat dipelajari oleh manajer lain atau calon manajer.
Fayol terkenal akan 14 prinsip manajemennya. Prinsip ini disebut Fayol dalam karya aslinya sebagai 14 prinsip administrasi. Perbedaan terjemahan dan kiblat ilmu antara Anglo Saxon dan Continental menyebabkan banyak orang memahami Fayol sebagai teoris manajemen. Padahal ini disebabkan karya aslinya, "Administration Industrielle et Generale" yang diterjemahkan ke bahasa inggris "General and Industrial Management".
Ilmu Manajemen berkembang di negara-negara Anglo Saxon, sedangkan ilmu Administrasi berkembang di negara-negara Continental. Pada perkembangan berikutnya, terdapat istilah tata usaha yang dipahami lewat bahasa belanda sebagai administratie yang merupakan bagian dari Ilmu Administrasi itu sendiri. Pada akhirnya, di negara-negara jajahan terjadi reduksi makna administrasi menjadi dalam arti sempit tata usaha, sedangkan manajemen berkembang sesuai dengan proporsi aslinya.
Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis. Henry Fayol dikenal sebagai pelopor manajemen modern. Banyak dari pendapat-pendapatnya menjadi landasan atau dasar dari praktek manajemen sampai dengan saat sekarang ini. Salah satu diantaranya adalah 14 prinsip manajemen yang dikemukakan olehnya. Prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari :

1.                  1.Division of labor (pembagian pekerjaan).
Pembagian kerja harus dipikirkan agar mengarah pada spesialisasi. Semakin seseorang terspesialisasi, maka akan semakin efisien dan efektif orang tersebut dalam melaksanakan pekerjaan.
2.                  2.Authority (kewenangan).
Dalam pelaksanaan tugas, manajer harus memberikan perintah kepada bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan. Meskipun manajer memiliki otoritas untuk memerintah , tetapi belum tentu ia akan mendapat respon yang positif dari bawahannya jika ia tidak memiliki otoritas pribadi.
3.                  3.Discipline (disiplin).
Disiplin adalah melakukan apa yang sudah menjadi komitmen bersama baik antara pimpinan dengan bawahan maupun sesama anggota manajemen. Disiplin ini sangat penting karena suatu usaha tidak akan berhasil tanpa adanya kedisplinan.
Angota organisasi harus patuh pada aturan dan kesepakatan yang menjadi rambu-rambu organisasi. Menurut Henry Fayol, disiplin merupakan hasil kepemimpinan yang baik di semua jenjang organisasi.
4.                  4.Unity of command (kesatuan komando).
Setiap karyawan hanya mendapat satu perintah untuk suatu pekerjaan. Henry Fayol mengatakan bahwa jika ada karyawan yang bertanggungjawab kepada beberapa atasan akan mengakibatkan petunjuk yang bertentangan.
5.                  5.Unity of direction (kesatuan dalam pengarahan).
kegiatan-kegiatan yang terjadi dalam organisasi yang mempunyai tujuan sama sebaiknya ditangani oleh seorang manajer dengan menggunakan satu perencanaan saja.
6.               6.Subordination of individual interest to the common good (kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi).
Kepentingan umum ditempatkan dia atas segala kepentingan, baik kelompok maupun pribadi.
7.                7.  Remuneration (remunerasi).
Penghargaan (pemberian gaji yang sepadan) dan perbaikan kesejahteraan para karyawan dalam bekerja merupakan stimulus bagi karyawan untuk dapat bekerja dengan baik dan dapat memenuhi target (tujuan) perusahaan. Pemberian balas jasa haruslah adil dan baik bagi karyawan maupun perusahaan sendiri.
8.                  8.Centralization (sentralisasi).
Pengambilan keputusan yang banyak menggunakan pertimbangan atasan disebut sentralisasi. Sebaliknya keputuan dengan menampung aspirasi bawahan disebut desentralisasi.
9.                  9.The hierarchy (hierarki).
Jenjang jabatan dalam suatu organisasi sering digambarkan dengan garis-garis yang rapi dalam bagan organisasi. bagan ini menunjukkan kedudukan dari puncak sampai dengan jenjang terbawah.
10.              10.Order (tata tertib).
Sarana dan manusia harus berada di tempat dan waktu yang tepat. Manusia harus berada pada pekerjaan yang cocok baginya.
11.              11.Equity (keadilan).
Para manajer harus bersahabat dan adil terhadap semua karyawannya.
12.              12.Stability of staff (stabilitas staf).
Stabilitas kondisi personal karyawan mutlak diperlukan dan harus mendapat perhatian bila tidak ingin target dan tujuan perusahaan terhambat dan terbengkalai.
Perputaran karyawan yang terlalu sering tidak baik bagi kelancaran kegiatan perusahaan.
13.              13.Initiative (inisiatif).
Sumber kekuatan perusahaan adalah adanya insiatif di kalangan atasan dan bawahan, khususnya pada masa sulit. untuk itu penting menggairahkan dan mengambangkan inisiatif yang semaksimal mungkin.
Bawahan harus diberi kebebasan untuk membuat dan menjalankan rencananya, walaupun bisa saja terjadi kesalahan.
14.              14. Esprite de corps (semangat korps).
Menggalakkan semangat kerjasama kelompok dapat membuat dan menimbulkan semangat rasa bersatu.
Persatuan dan kehamonisan merupakan kekuatan besar bagi perusahaan sehingga diperlukan usaha untuk merealisasikan. ‘Memecah kekuatan untukmelemahkannya adalah suatu tindakan yang bijaksana, tetapi memecah-mecah tim sendiri merupakan dosa besar di dalam suatu perusahaan.’

Sing Nyusun : Abdul Azis Alghifari

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan dan kesan

Menurutku kategori orang yang sukses adalah ketika orang tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain, dapat memperkerjakan orang lain. bukan yang berpenghasilan banyak, kalo penghasilan banyak tapi MASIH DISURUH2 ATASAN itu namanya BUKAN KATEGORI ORANG SUKSES. KARENA SUKSES ADALAH MERDEKAAAAA!!!!!